Sabtu, 05 Maret 2016

Pengendalian Hama dalam Budidaya cacing Tanah


Budidaya cacing dapat dikatakan sebagai pekerjaan yang memerlukan perhatian. Seperti hal nya budidaya hewan lain, apabila budidaya cacing hanya dibiarkan saja tanpa perawatan, maka bisa dipastikan hasil panen cacing yang didapat tidak akan memuaskan. Lebih parah lagi jika usaha budidaya cacing gagal total dan cacing-cacing yang sudah dipelihara mati karena keteledoran kita. 

Sering kali kita membiarkan media yang digunakan untuk budidaya cacing panas dan tidak lembab, akibatnya cacing mengalami kekeringan, kurang air dan akhirnya mati.Tentu anda tidak mau ini terjadi bukan? Jika iya, maka harus diperhatikan perawatan terhadap cacing-cacing ini, terutama pada ketahanan cacing terhadap hama.

Ternak cacing juga bisa mengalami kekurangan pakan, biasanya disebabkan adanya binatang lain yang memangsa pakan mereka. Ada juga beberapa predator yang memang suka memangsa cacing tanah, diantaranya adalah :
1.      Lintah
Lintah menyerang cacing tanah dengan cara menghisap darah cacing hingga habis dan kering, sehingga cacing mati. Cara pencegahan dari predator lintah adalah dengan cara menaburkan tembakau pada permukaan air media cacing tersebut.
2.      Kumbang
Kumbang merupakan salah satu predator cacing dengan cara menaruh telur-telur pada media cacing, setelah telur menjadi larva akan memakan makanan cacing dan media cacing. Apabila kumbang Nampak dipermukaan air segera ambil dan dapat dimusnahkan.
3.      Semut merah
Semut merah memakan makanan cacing, terutama yang mengandung lemak dan karbohidrat. Padahal makanan tersebut diperlukan oleh cacing untuk pertumbuhan dan penggemukan. Cara pencegahan dari serangan semut merah adalah dengan kaki rak tempat budidaya cacing diberi ember dan air agar semut tidak dapat merambat ke tempat makanan cacing.
4.      Kutu
Kutu merupakan hama yang berbahaya bagi peternak cacing, karena kutu dapat memakan pakan cacing tanah. Cara pencegahan adalah dengan menaburkan sulfur atau belerang pada permukaan media cacing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar